28 Juli 2013

Bonceng Mania

Pada tahun 1999, pada suatu hari, saya sempat diburu waktu untuk tiba di suatu tempat. Sementara angkutan umum yang lewat sangat jarang di kala itu. Waktu mendesak, saya kepepet. Apa boleh buat, akhirnya saya nekat mencegat seorang bapak tua yang bersepeda motor dan kebetulan melintas. Alhamdulillah, dia berhenti. Saya bilang izin nunut, dia mengangguk. Saya pun mengangkangi sadel Yamaha Alfa-nya. Di perjalanan, saya sampaikan alasan saya kenapa mencegat dia. Dia paham dan akhirnya saya sampai di lokasi tanpa terlambat.

Berdasarkan pengalaman pertama di atas, maka pada tahun-tahun berikutnya, ‘bonceng mendadak’ seperti ini, selama beberapa waktu, nyaris jadi kebiasaan saya. Setiap pergi kuliah, saya selalu membawa helem. Seringkali saya cegat orang yang naik sepeda motor sendirian, di tempat yang ramai tentu, tersenyum manis, agar saya tidak diduga penjahat. Kalau dia mau, saya nunut, mengeluarkan helem dari tas. Kalau ogah, ya, biarkan saja dia lewat karena saya tetap menunggu angkutan umum yang akan lewat.

Nah, tahun-tahun setelah itu, saya masih ingat ketika dulu, sebelum Jembatan Suramadu diresmikan, sering sekali saya numpang bonceng orang yang akan turun dari ferry di Pelabuhan Kamal. Perlu diketahui, dari dermaga ke tampat parkiran taksi (sub-terminal) di Pelabuhan Kamal itu lumayan jauh, ya, sekitar 400-an meter. Kalau berjalan kaki jelas capek, apalagi jika kita sedang bawa barang berat. Ketika geladak kapal tinggal berapa meter dengan dermaga, mesin-mesin sepeda motor dinyalakan. Nah, pada saat itu saya amati, siapa saja orang yang hanya sendirian. Minta izin numpang tentu, maksudnya, “Pak, nunut sampai pintu gerbang!”

Setelah sekian lama hal itu tidak saya alami, kemarin sore, 27 Juli 2013, ia terjadi lagi:

Saya menghadiri acara Haul Kiai Abdul Hamid bin Itsbat di Pondok Pesantren Banyuanyar, Pamekasan, Sabtu 18 Ramadhan 1434 (27 Juli 2013) kemarin. Sesiangnya, saya berpesan kepada Nirul, sopir yang membawa kami berangkat secara rombongan, agar parkir di bagian terdepan karena saya mau pulang cepat. Nirul tahu saya punya tugas menjadi imam tarawih setiap malam tanpa pemain pengganti. Adapun jarak lokasi haul ke rumah saya itu kira-kira 30-an km atau perjalanan 45 menit. Karena itu, waspada dan sigap, habis buka puasa saya mesti langsung mancelat (pergi berbegas).

Namun, begitu saya sampai di lokasi parkir, astaga. Manusia dan mobil tumpek blek. Bis lebih seratus dan entah berapa puluh mobilnya. Manusia nggak terhitung lagi. Saya hampiri Nirul dan bilang padanya, “Maaf, Rul. Saya pulang duluan. Kamu pulang belakangan saja, ya, setelah macet selesai.”

Sebetulnya, saya tidak tahu harus berbuat apa dan bagaimana mengingat ini bulan puasa, sudah adzan Maghrib pula. Angkutan umum, di situ, pada hari-hari biasa saja susah, apalagi sekarang. Namun karena tuntutan harus tiba di rumah sebelum Isya, maka saya pun memakai jurus lama (seperti di atas), yakni mencegat sembarang orang naik sepeda motor yang tidak berboncengan.

Seorang lelaki bersepeda Supra lewat.
“Pak, numpang ikut sampe pertigaan!”
“Wah, maaf, saya bonceng dua,” katanya setelah sempat memperlambat laju sepeda motornya. Dua-tiga sepeda motor lewat tanpa bisa distop. Lalu, seorang lagi, agak tua, lewat dengan sepeda motor Vega.
“Pak, ikut sampai pertigaan.”
Dia berhenti. “Nah, pasti ini dia pahlawannya,” batin saya di dalam hati.

Senang dan tanpa basa-basi, langsung saya kangkangi saja sadelnya. Sepeda berjalan, saya bertanya, “Ini Sampeyan mau ke mana, Pak?”
“Palengaan.”
Putar haluan, nggak jadi cuma sampai pertigaan, pindah jalur saja.
“Ah, kalau begitu, saya ikut sampai Palengaan.”
“Loh, memang Sampeyan ini mau ke mana?”
“Guluk-Guluk.”
“Wah, jauh itu.”

Bapak ini agar oportunis. Tanjakan-tanjakan panjang atau pun mengular dilahapnya begitu saja. Gayanya ambil kanan terus,  karena kebetulan malam itu banyak sepeda motor yang pulang dari tempat yang sama, Banyuanyar. Di tengah perjalanan, saya sampaikan padanya bahwa saya punya tugas jadi imam tarawih. Saat itu, jam menunjukkan pukul 17.45. “Berarti, waktu saya tinggal 45 menit lagi,” kata saya yang sontak membuat ia mendadak menarik gasnya. Gawat!

Saya menelepon orang rumah agar dijemput ke Bandungan. Saya berjaga-jaga. Dan setelah saya bertanya perihal kemungkinan adanya tukang ojek, dari Palengaan ke Bandungan, juga dari Bandungan ke Guluk-Guluk. Nggak ada ojek, katanya. Dan dia pun langsung menawarkan diri untuk antar saya langsung ke Bandungan.  Saya tahu, jarak dari Palengaan ke Bandungan itu lumayan jauh, sekitar 7-8 kilometer. Saya berbasa-basi dengan rasa kasihan. Saya tahu, Pak Trisno—namanya saya ketahui belakangan—ini pasti ingin cepat sampai di rumahnya. Tapi, saya juga sedang kepepet, kan? Repot.

Tak terasa, tibalah kami di Palengaan. Dan orang itu, langsung  ambil  kanan menuju Bandungan tanpa banyak bicara. Jalan sepi membuatnya makin gairah untuk ngebut. Saya minta sedikit pelan karena jalan tidak rata dan banyak berlubang. Semua perjalanan ini sungguh lancar.

Setelah tiba di Bandungan, saya kasih dia 20.000 serta berkata,
“Pak ini, buat ganti bensin.”
“Terima kasih,” katanya.

Tak lama setelah dia pergi, saya shalat Maghrib di sebuah mushalla tepi jalan. Habis itu, sekadar ngobrol dengan penjual kembang api dan petasan, saya bertanya perihal tukang ojek yang biasa mangkal di pertigaan Bandungan. Jawaban mereka sama: tidak ada tukang ojek. Apa karena faktor bulan puasa atau karena memang tidak ada pangkalan ojek di sana?

Beruntung, sebentar kemudian, datanglah jemputan dari rumah. Budi nongol dengan sepeda motor Honda Astrea Prima. Pukul 18.18, kami meluncur ke timur. Saya hubungi Nirul untuk melaporkan perjalanan; dia bilang baru bebas macet pada saat saya sudah sampai di Bakeong. Akhirnya, bertepatan dengan dikumandangkannya adzan Isya, saya tiba di rumah, ambil wudu, langsung meddal ke langgar untuk Isya dan tarawih.

Anonim mengatakan...

Tanggung jawab luar biasa...berburu waktu demi tanggung jawab untuk santrai-santrinya beliau.

Kang Edi mengatakan...

KARENA nunut kali ini sebagai 'sungguh terpaksa' dan di luar rencana, saya kira Sampeyan tentu tak mempersiapkan helem di dalam tas.

Syukurlah tak terjadi apa-apa di jalan dan Sampeyan selamat sampai tujuan. Lalu 'nyopir' tarawihnya bagaimana? Apa sengebut Pak Trisno atau sesantai Kyai Zailani?

M. Faizi mengatakan...

Mas Edi, saya pelan, nyaris sama dengan shalat isya', kalau tarawih. anggota saya juga tidak banyak karena di kanan kiri langgar banyak musholla juga. Pake stopwatch, saya pernah hitung: 39 menit saja

Mudhar Asyiik mengatakan...

Rata-rata kecepatan tarawihnya tidak diketemukan. mungkin harus pinjam spidometer ke muhammad mushthafa dulu. hehehehehe

M. Faizi mengatakan...

@Mudhar: saya tidak menghitung, tapi pernah ada skor akhir dengan catatan stopwatch: 39 menit

@Anonim Pertama: Terima kasih atas komentar Anda, aamiin, semoga kita semua masih selalu diberikan kesempatan dan kesehatan untuk senantiasa berbuat kebaikan

Entri Populer

Shohibu-kormeddaL

Foto saya

Saya adalah, antara lain: 6310i, R520m, Colt T-120, Bismania, Fairouz, Wadi As Shofi, Van Halen, Puisi, Hard Rock dll

Pengikut

Label

666 (1) Abdul basith Abdus Shamad (1) adi putro (1) adsl (1) Agra Mas (1) air horn (1) akronim (1) Al-Husari (2) alih media (1) Alquran (1) amplop (1) Andes (1) Android (1) anekdot (3) aula asy-syarqawi (1) Bacrit (2) bahasa (5) baju baru (1) baju lebaran (1) Bambang Hertadi Mas (1) banter (1) Basa Madura (1) basabasi (1) batuk (1) bau badan (1) bau ketiak (1) becak. setiakawan (1) belanja ke toko tetangga (1) benci (1) bis (3) bismania (2) BlackBerry (1) Blega (1) blogger (2) bodong (1) bohong (2) bolos (1) bonceng (1) bromhidrosis (1) Buang Air Besar (BAB) (1) buat mp3 (1) budaya (1) buku (2) buruk sangka (2) catatan ramadan (4) celoteh jalanan (1) ceramah (1) chatting (1) chemistry (1) cht (1) Cicada (1) Colt T 120 (1) corona virus (1) Covid 19 (1) cukai (1) curhat (5) defensive driving behavior development (1) dering (1) desibel (2) diary (1) durasi waktu (1) durno (1) ecrane (1) etiket (17) fashion (2) feri (1) fikih jalan raya (1) fikih lalu lintas (1) fiksi (2) filem (1) flu (1) gandol (1) gaya (1) ghasab (1) google (1) guru (2) guyon (1) hadrah (1) handphone (1) Hella (1) hemar air (1) Hiromi Sinya (1) humor (2) IAA (1) ibadah (2) identitas (1) ikhlas (1) indihome (1) inferior (1) jalan raya milik bersama (1) jamu (1) jembatan madura (1) jembatan suramadu (2) jenis pekerjaan (3) jiplak (2) jual beli suara (1) Jujur (3) Jujur Madura (1) jurnalisme (1) jurnalistik (3) KAI (1) kansabuh (1) Karamaian (1) karcis (1) Karina (1) Karma (1) Kartun (1) kebiasaan (5) kecelakaan (2) kehilangan (1) kenangan di pondok (1) Kendaraan (2) kereta api (1) keselamatan (1) khusyuk (1) kisah nyata (7) Kitahara (1) kites (1) klakson (1) klakson telolet (1) kode pos (2) kopdar (2) kopi (1) kormeddal (19) korupsi (2) KPK (1) kuliner (2) L2 Super (2) lainnya (2) laka lantas (1) lakalantas (1) lampu penerangan jalan (1) lampu sein (1) layang-layang (1) lingkungan hidup (3) main-main (1) makan (1) makanan (1) malam (1) mandor (1) Marco (1) masjid (1) Mazda (1) MC (1) menanam pohon (1) mengeluh (1) menulis (1) mikropon (1) mimesis (1) mirip Syahrini (1) mitos (1) modifikasi (1) money politic (1) Murattal (1) musik (1) nahas (1) napsu (1) narasumber (1) narsis (1) Natuna (1) ngaji (1) niat (1) Nokia (1) nostalgia (2) Orang Madura (1) Paimo (1) pandemi (1) pangapora (1) paragraf induktif (1) parfum (1) partelon (1) pasar (1) pekerjaan idaman (1) pemilu (1) peminta-minta (1) penata acara (1) pendidikan (1) pendidikan sebelum menikah (1) penerbit basabasi (1) pengecut (1) penonton (1) penyair (1) penyerobotan (1) Pepatri (1) perceraian (2) Perempuan Berkalung Sorban (1) perja (1) perjodohan (1) pernikahan (1) persahabatan (1) persiapan pernikahan (1) pertemanan (1) pidato (1) plagiasi (2) plastik (1) PLN (1) pola makan (1) poligami (1) polisi (1) politik (1) polusi (1) polusi suara (2) Pondok Pesantren Sidogiri (1) ponsel (2) popok (1) popok ramah lingkungan (1) popok sekali pakai (1) PP Nurul Jadid (1) preparation (1) profesional (1) PT Pos Indonesia (1) puasa (5) publikasi (1) puisi (2) pungli (1) Qiraah (1) rasa memiliki (1) rekaan (1) rempah (1) ringtone (1) rock (1) rokok (1) rokok durno (1) rumah sakit (1) Sakala (1) salah itung (2) salah kode (3) sanad (1) sandal (1) santri (1) sarwah (1) sastra (1) sekolah pranikah (1) senter (1) sepeda (3) sertifikasi guru (1) sertifikasi guru. warung kopi (1) shalat (1) shalat dhuha (1) silaturrahmi (1) siyamang (1) SMS (1) sogok bodoh (1) sopir (1) soto (1) sound system (1) stereotip (1) stigma (1) stopwatch (1) sugesti (1) sulit dapat jodoh (1) Sumber Kencono (1) Sumenep (1) suramadu (1) syaikhona Kholil (1) takhbib (1) taksa (1) tamu (2) Tartil (1) TDL (1) teater (1) teknologi (2) telkomnet@instan (1) tengka (1) tepat waktu (1) teror (3) tertib lalu lintas (28) The Number of The Beast (1) tiru-meniru (1) TOA (2) tolelot (1) Tom and Jerry (2) tradisi (1) tradisi Madura (4) transportasi (1) ustad (1) wabah (1) workshop (1) Yahoo (1) Yamaha L2 Super (1)